Analisis

Preview Bali United vs PSS: Tidak Ada yang Tidak Mungkin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sama-sama mengalami kekalahan dengan margin dua gol sebelum bertemu, PSS dan Bali United bermain untuk membalas kekalahan tersebut. PSS lebih diuntungkan dari segi waktu istirahat, tapi siapa yang berani anggap remeh kekuatan Bali ditiap tiap kualitas individu pemainnya ?

Dengan formasi 4-2-3-1, Bali United  biasa menyerang melalui area tengah. Apabila di area tengah terjadi kebuntuan, maka bola akan langsung dikirim ke striker atau umpan diagonal  ke area sayap. Dua gelandang Bali united, Fadil dan Nouri memliki peran yang sangat vital dalam membangun serangan.

Mereka adalah penyambung bola dari lini belakang ke lini depan,  juga sebagai koneksi untuk sirkulasi bola dari sisi sayap ke sisi sayap lainnya. Serangan Bali United akan lebih berbahaya apabila mereka bebas dan leluasa dalam mengolah bola.

Tapi jangan terlalu khawatir,  peran penting Fadil dan Nouri ini seperti pisau bermata dua.  Di sisi yang satu sebagai inisiasi keganasan serangan Bali United, tapi di sisi lain bisa juga menjadi faktor yang mereduksi kualitas serangan mereka.

Kekalahan saat melawan Persela adalah bukti bagaimana Bali United kesulitan saat Fadil dan Nouri tidak leluasa dalam membangun serangan. Posisi pemain sayap Persela yang merapat ke tengah saat bertahan, berhasil membatasi ruang gerak Fadil dan Nouri. Taktik yang mungkin bisa di adopsi oleh PSS untuk Senin malam nanti.

Menang di kandang Bali united bukan perkara yang mudah. Tapi bukan juga hal yang tidak mungkin. PSS harus meladeni kualitas individu pemain Bali united dengan permainan yang kolektif.

PSS mesti berani membangun serangan dari bawah, mencoba memprovokasi  gelandang  Bali untuk keluar dari posisinya hingga ada ruang yang tercipta diantar lini yang bisa dimanfaatkan.

Gelandang PSS harus terus bergerak melakukan rotasi posisi untuk lepas dari penjagaan man marking gelandang Bali United. Akan ada celah yang bisa dimanfaatkan saat gelandang Bali tidak mampu mengikuti mobilitas pergerakan Alom dan kolega.

Selanjutnya pemain Super Elja bisa  mengarahkan serangan dan menciptakan situasi menang jumlah pemain di sisi tertentu. Hal ini berguna untuk melepaskan satu pemain bebas di area belakang Bali United sebagai opsi yang bagus untuk menciptakan peluang dan mencetak gol.

Tinggal kita berharap bagaimana nanti taktik yang diinginkan coach Seto bisa berjalan dengan lancar. Terutama bagaimana para pemain PSS mengisolasi gelandang Bali United yang tampil sebagai motor serangan. Bila bola mandek di area tengah Bali, bukan tidak mungkin tim asuhan Stefano Cugurra itu akan kebingungan menembus pertahanan Super Elja.

Komentar

Comments are closed.