Berita

Protokol Anyar PSS di Tengah Pandemi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Melakukan persiapan menyongsong liga di tengah situasi pandemi seperti ini tentu memiliki konsekuensi. Salah satunya, para pemain harus mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin supaya mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19.

Aturan tersebut sudah dikeluarkan oleh manajemen PS Sleman dan wajib dilaksanakan oleh seluruh anggota tim. Mulai kegiatan di mes hingga proses latihan di lapangan diatur dengan detail di sana.

Sebagai pemain profesional, para penggawa Super Elja dengan cepat menjalankan apa yang diatur dalam protokol tersebut. Walau begitu, perlu diakui bahwa ada fase adaptasi yang harus mereka hadapi.

“Memang perlu waktu beradaptasi dengan berbagai aturan kesehatan. Namun sebagai pemain profesional, mereka dengan cepat bisa menjalankan protokol kesehatan itu. Sangat terasa perubahan yang ada di mes pemain,” ujar Elwizan Aminuddin, dokter tim PSS.

Harapannya, Bagus Nirwanto dan kolega selalu konsisten dalam melaksanakan protokol tersebut. Pagebluk ini harus disikapi sebagai sesuatu yang tidak menakutkan, tetapi juga tidak boleh disepelekan atau dianggap remeh. Kewaspadaan perlu dilakukan, tapi tidak boleh fobia berlebihan.

Kesadaran akan kebutuhan mencuci tangan sebelum makan dan sepulang dari bepergian mulai ditumbuhkan. Barang-barang yang mereka bawa dari luar mes pun wajib disemprot desinfektan terlebih dahulu. Pakaian kotor langsung ditempatkan di tempatnya atau lebih baik langsung dicuci.

“Kesadaran itu sangat penting karena masalah kesehatan di tengah pandemi saat ini bukan hanya untuk diri sendiri, tapi demi kepentingan bersama,” tegas Amin, panggilan akrab dokter tim PSS.

Ketika makan bersama, aturan juga mewajibkan pemain untuk menjaga jarak. Untuk menghindari penuhnya ruangan, dilakukan pula pembagian jam makan. Situasi itu tentu berbeda dengan saat pandemi belum menghantam.

“Selain itu, perubahan lain pada pemain adalah kemauan untuk saling mengingatkan. Misalnya ada yang lupa cuci tangan, ada temannya yang mengingatkan. Ini hal yang positif, saling bertanggung jawab satu sama lain,” tambahnya.

Untuk saat ini, memang hanya protokol yang berkaitan dengan kegiatan di mes dan juga latihan yang diterapkan. Namun, aturan tersebut nantinya juga akan mengatur perilaku anggota tim saat pertandingan, baik kandang maupun tandang.

Komentar
Andhika Gilang

Dapat dihubungi secara personal melalui akun @AndhikaGila_ng

Comments are closed.