Berita

PS Sleman Takluk dari Persib Bandung dalam Laga Latih Tanding

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam persiapannya menuju Liga 1, PS Sleman berkesempatan untuk menjajal kekuatan tim Persib Bandung. Laga uji tanding yang digelar tanpa penonton di Stadion Sultan Agung, Bantul ini berkesudahan dengan skor 0-2 untuk keunggulan tim Maung Bandung .

Pada babak pertama, keduanya langsung menerapkan permainan terbuka. Persib yang sebelumnya bermodalkan kemenangan atas Persis Solo, tampil mendominasi. Persib sempat mendapat peluang melalui tendangan salto melalui Cantilion, namun tendangannya berujung tendangan gawang.

Lima menit berselang, giliran Yevhen Bokhashvili yang mendapatkan peluang. Bola umpan dari Batata yang menemui kepalanya, masih mudah ditangkap oleh Teja Paku Alam. PSS yang mencoba membangun serangan berkali-kali gagal lantaran operan yang tidak akurat dan umpan yang tidak menemui sasaran.

Petaka bagi tuan rumah hadir beruntun hadir pada menit ke-20. Frets Butuan berhasil menendang bola ke arah gawang PSS, namun beruntung Alex masih mampu mengagalkannya dan berbuah sepak pojok.

Frets yang mengambil sepak pojok langsung mengirimkan bola ke tengah kotak penalti. Tak disangka Victor Igbonefo tiba-tiba datang dan tanpa pengawalan melepaskan sundulan keras dan langsung menjebol gawang Alex. Persib Bandung unggul 1-0.

Tak ingin dipermalukan, PSS menaikkan intensitas serangan. Hingga sepuluh menit berselang, lini depan PSS menemui jalan bantu lantaran tembok pertahanan Persib yang digalang Nick Kuippers begitu rapat. Belum lagi kreatifitas yang dibangun Super Elja begitu minim, sehingga mudah dibaca oleh lawan.

Yevhen sempat melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti dan masih melenceng jauh.  Aksi tersebut, langsung dibalas oleh Esteban Vizcarra yang meliak-liuk melepaskan diri dari kawalan dan berhasil menembakkan bola ke sudut kanan bawah gawang PSS. Beruntung dengan sigap Alex mengamankan gawangnya.

Selang sepuluh menit berselang, Super Elja sempat membuat asa. Yevhen mendapatkan peluang melalui eksekusi bola mati beberapa meter dari kotak penalti Persib. Namun Yevhen gagal memanfaatkannya setelah tendangannya hanya lemah dan tidak mampu melewatkan pagar betis.

Sementara itu Teja Paku Alam yang berada di bawah mistar gawang Persib tampil aktif dalam membangun serangan dari belakang. Ia juga belum mendapatkan ancaman berarti lantaran serangan PSSyang sering mandek sebelum menuju jantung pertahanan tim Maung Bandung.

Petaka bagi PSS kembali hadir di menit ke-44, lagi-lagi Frets membuat pertahanan Super Elja kocar-kacir. Aksinya kembali membahayakan dan membuatnya siap untuk mengiriimkan umpan tarik. Di tengah, Wander Luis yang siap menerima umpan jutru ditarik secara ceroboh oleh Alfonso De La Cruz.

Alhasil, Wasit langsung menunjuk titik putih. Wander Luis yang ditunjuk sebagai algojo, sukses mengeksekusi bola ke dalam gawang Alex. Skor 2-0 untuk keunggulan Persib Bandung bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persib kembali mengambil inisiatif untuk menaikkan tempo permainan. Satu menit berjalan, giliran Dedi Kusnandar yang melepaskan tendangan jarak jauh. Namun masih belum membahayakan gawang PSS.

Anak asuh Robert Rene Albert ini tampak cerdik membaca kelemahaan PSS . Berulang kali sisi sayap PSS diekploitasi untuk menciptakan peluang. Beruntung, umpan silang yang dilepaskan belum terlalu akurat.

Guilherme Batata sempat melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun bola deflect dan mengenai rekannya sendiri. Hingga setengah jam babak kedua berjalan, Fitra Ridwan dan kolega masih sering kebingungan kala berada di depan kotak penalti Persib. Alhasil lini depan masih buntu.

Eduardo Moran mencoba memasukkan darah segar untuk meningkatkan kualitas permainan. Dendi Augustan, Arthur Irawan, dan Samsul Arifin dimasukkan sekaligus. Sementara dari pihak Persib memasukkan Beckham Putra dan Fabiano Beltrame.

Masuknya pemain-pemain segar nyatanya belum mampu dimanfaatkan Super Elja. Yevhen seolah bermain sendirian. Berlari kesana-kemari tanpa mendapatkan suplai bola yang berarti. Kreatifitas pun mandek lantaran tak ada opsi tusukan berbahaya dari sisi sayap.

Di menit akhir pertandingan, PSS berpeluang memperkecil ketertinggalan. Batata melepaskan tendangan langsung dari peluang tendangan bebas. Tendangan melengkungngnya masih menemui mistar gawang Teja Paku Alam.

Bola rebound diberikan ke Dendi, tetapi sepakannya masih mampu diamankan kiper dan diakhiri oleh aksi Alfonso yang tidak jelas mengarah kemana. Wasit meniupkan peluit panjang dan skor tetap bertahan 0-2 untuk kemenangan Persib Bandung atas tuan rumah PS Sleman.

Komentar
Awaludin Al Arif

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.