Berita

PSS Singkirkan Bali United Lewat Adu Penalti

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Lanjutan babak delapan besar Piala Menpora 2021 mempertemukan PS Sleman dengan Bali United. Sementara itu, Persib Bandung sudah menunggu pemenang dari laga tersebut di semifinal. Pada pertandingan itu, Super Elja tak diperkuat Asyraq Gufron, Bagus Nirwanto, dan Irfan Bachdim.

Pada awal pertandingan, permainan tampak lebih dikuasai oleh Bali United. Sementara itu, PSS memulai dengan lebih memperhatikan area permainannya sambil sesekali mencoba merebut penguasaan bola dari Bali United.

Dalam 15 menit pertama, Bali United mengancam melalui tiga skema tendangan sudut, sayang pertahanan  PSS masih cukup disiplin untuk menghalau setiap serangan yang datang. Dua menit kemudian, peluang emas bagi Serdadu Tridatu hadir.

Stefano Lilipaly mengangkat bola ke arah tiang jauh di mana Yabes Roni yang melakukan sundulan. Bola sempat membentur Syamsul Arifin lalu mengarah ke gawang. Namun, Ega Rizky dengan cekatan membuang si kulit bulat tepat di garis gawang.

Sementara itu, Laskar Sembada bukan tanpa perlawanan. Ifran Jaya saya sempat sekali melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola lemah dan lengket di pelukan penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan.

Pada menit ke-36, Kim Kurniawan mengambil tendangan bebas. Bola ia kirimkan mendatar ke Irfan Jaya yang dengan cepat masuk ke kotak penalti Bali United. Mantan winger Persebaya Surabaya itu memutar badan lalu mengakhiri aksinya dengan tendangan yang sayangnya jauh melenceng.

Secara umum, PSS pada babak pertama mengandalkan penguasaan bola di daerah belakang kemudian dengan cepat mencoba mengirim bola langsung ke depan dengan umpan lambung. Skema serangan tersebut tampak menjadi ciri khas Super Elja era Dejan Antonic.

Pada babak kedua, Bali United kembali menginisiasi srangan terlebih dahulu melalui sayap mereka. Bola-bola silang dari Serdadu Tridatu tampak sering muncul pada 10 menit awal paruh pamungkas. Beruntung pertahanan PSS cukup solid.

Kembali melalui flank, Lilipaly mengirim bola ke menuju M. Rahmat di sisi kiri pertahanan PSS. Ia lalu memberikan umpan kepada Ilija Spasojevic. Sejurus kemudian, si kulit bulat diberikan lagi ke Lilipaly. Beruntung Aaron Evans dengan sigap dapat mengamankan pertahanan.

Laskar Sembada baru mengancam ketika Evans mengirimkan umpan cantik ke dalam kotak penalti kepada Nico Velez. Sialnya, sentuhan pertama pemain jebolan River Plate itu tidak sempurna. Ia kehilangan momentum dan tendangannya hanya melebar di sisi gawang Bali United.

Beberapa menit berselang, Serdadu Tirdatu harus bermain dengan 10 penggawa. I Made Andhika membuat pelanggaran keras ke bagian atas tubuh Saddam Gaffar yang baru saja masuk. Penyerang mud aitu terguling kesakitan, sedangkan wasit mengeluarkan kartu merah untuk Andhika

Setelah cooling break, PSS yang unggul jumlah pemain belum menampakkan perubahan strategi meski sudah memasukkan dua pemain baru: Jepri Kurniawan dan dan Derry Rachman yang menggantikan Irkham Mila dan Syamsul Arifin.

Justru lima menit terakhir waktu normal, Hariono berhasil mengirimkan umpan terobosan terukur kepada Lilipaly yang berlari kea rah kotak penalty. Beruntung bola bergulir deras dan Ega Rizky juga keluar dengan cepat memotong through pass tersebut.

Sesaat sebelum laga usai, dengan mengejutkan, Bali United mengganti kiper mereka. Samuel Reimas yang sepertinya lebih siap untuk menghadapi adu penalti masuk menggantikan Wawan Hendrawan. Sementara itu, PSS juga memasukkan Wahyu Sukarta menggantikan Evans.

Akan tetapi, dalam babak adu penalti, Reimas juga tak berkutik. Ia hanya bisa menebak arah tendangan Kim saja walaupun bola tetap masuk. Selain adik ipar Irfan Bachdim tersebut, shooting Irfan Jaya, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta juga membuahkan angka.

Di sisi lain, Ega berkali-kali sukses membaca tembakan eksekutor Bali United. Meskipun, ia gagal menepis tendangan Lilipaly, Lerby Eliandry. Shooting Dias Angga juga gagal dihalaunya, tetapi bola  melambung tinggi pula.

Terakhir, kiper asal Banyumas tersebut tampil sebagai pahlawan setelah sukses menangkap tembakan lemah Willian Pacheco. Dengan begitu, PSS unggul dengan skor 4-2 dan berhak lolos ke semifinal menantang Maung Bandung.

Komentar

Comments are closed.