Berita

PSS Sleman Siap Perbaiki Kekurangan di Piala Presiden 2019

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman langsung tancap gas menggeber latihan guna persiapan tim menyongsong Liga 1 mendatang. Masih ada waktu beberapa bulan lagi bagi Super Elja untuk berbenah menghadapi kompetisi teratas di Indonesia itu.

Kondisi pemain yang masih belum stabil membuat Coach Seto memulai programnya kembali dari awal. Hal ini ditujukan agar para pemain paham dengan konsep dan filosofi bermain yang diinginkan oleh pelatih.
Salah satu program dasar yang dimulai adalah melatih pemain menerapkan individual defend dengan garis pertahanan tinggi. Selain itu tim pelatih juga akan membebankan latihan fisik agar penggawa Super Elja bisa berada dalam peak performance saat liga resmi dimulai.

“Ya kita latihan defend, tadi pagi kita coba individual defend dari depan dan tengah. Perkembangan kita mulai sedikit dari awal untuk tetap conditioning fisik. Kita tempa lagi kurang lebih sampai sebulan, sambil kita perbaiki kekurangan di Piala Presiden, seperti satu lawan satu dan game secara grup. Tetapi, kita mulai dari defend dahulu terus ke yang lain,” jelasnya.

Tim pelatih menerapkan evaluasi secara keselurahan di dalam timnya. Hal ini dirasa sangat perlu karena berdasarkan analasis pertandingan yang telah dilakukan, masih banyak terdapat kekurangan di segala lini.
Pengamatan terutama dilakukan kala PSS bertanding melawan Borneo FC dan Persija. Saat pertandingan pertama melawan Madura FC, kondisi para penggawa Super Elja belum berada dalam kondisi yang cukup baik untuk memulai turnamen. Sejumlah poin menjadi perhatian utama, diantaranya situasi satu lawan satu, penyelesaian akhir dan kreativitas pemain dalam menciptakan peluang.

“Saya melihatnya di dua pertandingan Borneo sama Persija. Karena waktu lawan Madura itu kondisi ototnya anak-anak masih berat. Tetapi secara umum sudah lumayan. Ada beberapa analisis, yaitu satu lawan satunya, penyelesaian akhir, kreasi menciptakan peluang, dan masih ada beberapa lagi,” tambahnya.

Guna mendukung programnya terlaksana dengan baik, Coach Seto berharap PSS Sleman dapat segera melaksanakan training camp. Menurutnya pembicaraan tengah mengarah kesana, namun hal ini masih dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak manajemen.

“Untuk training camp tentunya ada, tetapi nanti kita lihat perkembangannya karena artinya ini masalah budget juga. Kita bicarakan dengan manajemen,” jelasnya singkat.

Masa pramusim PSS Sleman juga masih dihinggapi masalah kedalaman skuat. Hal ini dibuktikan dengan masih lowongnya beberapa sektor posisi. Coach Seto telah mengisyaratkan untuk mendatangkan pemain asing dan pemain lokal. Namun, pemain yang direkrut harus lolos tes medis dan mendapat rekomendasi dari tim pelatih.

“Sambil menunggu pemain asing lini depan dan tengah tentunya. Tetapi kita lihat perkembangannya seperti apa, yang jelas saya rekomendasi dari tim medis juga. Kalau mereka mengatakan ini tidak bermasalah, ya kita lanjut. Kalau tidak, ya tidak. Mungkin kita juga cari bek kiri tetapi pemain lokal,” pungkasnya mengakhiri sesi wawancara.

Komentar
Awaludin Al Arif

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.