Berita

PSS Sleman Tak Gentar Hadapi Persija Jakarta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

PSS Sleman akan menjalani partai hidup mati dalam lanjutan babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2019 melawan tim ibukota, Persija Jakarta. Pertandingan yang bertajuk duel tim juara beda kasta ini disinyalir akan menyedot animo yang besar dari kedua kubu suporter dan juga fans sepak bola nasional.

Bila menilik persaingan di Grup D saat ini, Persija Jakarta dan Madura United sudah mengoleksi empat poin. Sementara di posisi ketiga, PSS menguntit dengan raihan tiga poin. Bila Super Elja ingin memperpanjang nafasnya di Piala Presiden, maka tak ada kata lain selain meraih kemenangan. Kriteria tim yang lolos ke fase berikutnya adalah tim yang keluar sebagai juara grup dan tiga runner-up terbaik.

PSS Sleman yang akan bermain dihadapan ribuan pendukungnya harus tampil cerdik, tenang dan sabar kala meladeni perlawanan tim yang dimotori Bruno Matos itu. Belum lagi ambisi Silvio Escobar yang ingin membungkam kritik pedas yang sedang ditujukan kepadanya. Kesalahan kecil sedikitpun perlu diantisipasi oleh pertahanan Super Elja yang digalang oleh Alfonso dan kolega bila tidak ingin dicabik-cabik begitu saja oleh Macan Kemayoran.
Coach Seto yang memimpin latihan, telah mengevaluasi permainan anak asuhnya seperti menambah porsi latihan untuk melakukan build-up play. Selain itu meredam eskplosifitas pemain Persija, coach Seto juga menekankan latihan bagaiamana para pemainnya bisa keluar dari pressing ketat lawan dalam sesi small side game. Sementara di lini depan, PSS masih mengandalkan insting gol seorang Kushedya Hari Yudo.

“Latihannya saya coba untuk build-up, bagaimana cara pemain belakang menghadapi pressure lawan, jadi kita coba keluar dari pressure lawan,” ujarnya.

Alih-alih untuk membocorkan strateginya, juru taktik yang pernah menangani PSIM Yogyakarta itu justru mengaku bahwa tidak memiliki trik atau strategi khusus pada laga kontra Persija nanti.

Menurutnya, pemain PSS akan menampilkan permainan yang sama atau tidak jauh saat meraih kemenangan atas Borneo FC minggu lalu. Karena perbaikan-perbaikan dan evaluasi dari tim pelatih membutuhkan proses yang panjang. Termasuk mengulang-ulang materi agar anak asuhnya paham.

“Strategi khusus sih tidak, artinya penampilan seperti yang kemarin (melawan Borneo). Tetap ada kekurangan yang harus kita perbaiki. Tapi tidak secepat yang kita inginkan, perlu proses dan pembelajaran dari pemain. Kita harus ulang-ulang terus sampai mereka paham,” tuturnya.

Coach Seto mengatakan jadwal padat Persija memang sedikit menguntungkan bagi timnya. Namun, menurutnya hal tersebut tidak terlalu berpengaruh cukup besar bagi penampilan Macan Kemayoran. Karena kedalaman skuat Ivan Kolev saat ini dipenuhi pemain dengan kualitas merata baik di sektor inti maupun cadangan.

“Keuntungan pasti ada. Tapi saya bilang sejak awal Persija tim yang bagus, kedalamannya cukup bagus. Siapapun pemainnya nanti, ya itu yang terbaik mereka punyai. Saya tidak melihat ada pemain inti atau pemain cadangan, karena kualitas mereka merata,” pungkasnya.

Komentar
Awaludin Al Arif

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.