Opini

Sekilas tentang Venue Laga Puncak Liga 2

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Liga kasta kedua sepakbola Indonesia sebentar lagi akan menemui ujungnya. Sederet kisah telah terukir sejak April hingga akhir tahun 2018. Para kontestan saling sikut demi memperebutkan 3 jatah promosi ke Liga 1 musim depan. Siapa yang tak mampu bersaing tentu saja akan terpeleset dari target yang dicanangkan.

Kini tinggal tersisa 4 tim yang akan bermain di laga puncak. Di partai final, mahkota juara akan diperebutkan oleh PSS Sleman yang akan menjajal ketangguhan Semen Padang, namun sebelumnya keduanya sudah memastikan diri mengisi jatah promosi ke Liga 1 musim mendatang. Sedangkan laga lainnya mempertemukan Kalteng Putra yang akan melawan Persita Tangerang guna memperebutkan satu slot tambahan jatah promosi.

Operator liga telah memastikan venue yang akan digunakan dalam laga puncak Liga 2 2018 dengan bertempat di Stadion Pakansari, Bogor (3/12). Kedua laga bersejarah itu digelar secara beruntun di tempat dan hari yang sama.

Bagaimana kondisi Stadion Pakansari terkini?

Sebelumnya, pemilihan lokasi di sekitaran Bogor merupakan keputusan yang cukup tepat. Karena kota tersebut sangatlah strategis untuk dijangkau oleh keempat kontestan babak akhir ini.

Stadion Pakansari selesai dibangun pada tahun 2014 silam. Stadion yang berlokasi di Cibinong ini termasuk salah satu dari sederet stadion baru yang serentak dibangun di Indonesia di tahun 2014 lalu sama seperti Stadion Wibawa Mukti di Bekasi.

Soal kapasitas, Stadion ini sebenarnya masuk dalam kategori stadion dengan kelas menengah yang hanya mampu menampung sekitar 30 ribu orang, sama seperti Stadion Maguwoharjo.

Stadion ini juga kerap menggelar laga lokal maupun laga internasional. Persija Jakarta sering menggunakan stadion ini manakala Stadion Gelora Bung Karno sedang tidak Β bisa digunakan. Event sekelas AFF cup juga pernah digelar di stadion tersebut. Yang paling baru, yakni event terbesar se-Asia, Asian Games yang juga menggunakan stadion ini untuk melangsungkan pertandingan cabang olahraga sepakbola.

Apa saja fasilitas yang ada di Stadion Pakansari?

Setelah berhasil digunakan sebagai salah satu venue Asian Games, Stadion ini meninggalkan sederet fasilitas yang cukup bagus karena sempat mengalami renovasi sebelum gelaran Asian Games tersebut.

Stadion ini telah menggunakan sistem single seat yang tersebar di seluruh penjuru stadion. Tentu saja hal itu menambah kenyamanan tersendiri bagi seorang suporter yang datang. Terpasang juga dua LED besar nan megah yang berada di belakang gawang.

Stadion yang digunakan sebagai homebase Bogor FC ini memilki kondisi rumput yang sangat baik. Pemain sekelas Son Heung Min pun pernah merasakan baiknya kualitas lapangan saat membela Korea Selatan di ajang Asian Games.

Tentunya masih banyak lagi fasilitas pendukung yang membuat stadion ini cukup berkelas di level Asia. Tentu dengan baiknya kondisi venue, diharapkan kontestan yang berlaga di partai puncak mampu menunjukkan permainan terbaiknya karena tak ada lagi alasan atas buruknya kondisi lapangan yang selama ini kerap dialami oleh mereka.

Komentar
Bagus Ananditya

Penikmat ketela bakar ketika waktu Maghrib tiba. Bisa ditemui di akun @BagusAnanditya

Comments are closed.