Berita

Sempat Unggul, PSS Harus Tunduk dari Madura United

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Laga perdana PSS di Piala Menpora 2021 melawan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat sore ini (23/3) berakhir dengan kurang memuaskan bagi publik Bumi Sembada.

Pertandingan cenderung berjalan dengan tempo sedang, meski begitu para pemain PS Sleman berhasil mengancam pertahanan Madura United di awal laga. Contohnya, ketika umpan terobosan Irkham Mila yang memperoleh bola dari Irfan Bachdim nyaris berhasil disambar oleh Irfan Jaya.

Gol yang dinanti publik Sleman hadir di menit ke-19. Berawal dari Mila yang mencoba menusuk pertahanan lawan, ia kemudian dijatuhkan oleh Marckho Sandi di depan kotak penalti. Tendangan bebas hasil sepakan Irfan Jaya menghujam sisi kiri gawang M. Ridho. Kosong satu.

Walau bisa unggul lebih dulu, bukan berarti PSS tanpa cela. Melalui sebuah tendangan bebas, Madura berhasil membuat peluang berbahaya.

Bola kiriman Rendika Rama berhasil dihalau Ega Rizky. Namun, Alfin Tuassalamoni berhasil menyundul bola liar ke arah gawang yang kosong. Beruntung masih ada Wahyu Sukarta yang menghalau si kulit bulat juga dengan sundulannya.

Secara kesuluruhan, Laskar Sembada pada babak pertama bermain, sehingga menyulitkan Madura untuk membuat peluang. Blok yang dibentuk oleh para penggawa Super Elja tidak terlalu tinggi, tetapi cukup disiplin dalam menjaga daerahnya.

Menjelang akhir babak pertama, Rafi Angga mendapatkan dua peluang. Pertama adalah hasil umpan Irfan Jaya, tetapi tendangan dari jarak jauhnya masih lemah. Kedua, giliran Mila yang memberi umpan. Rafi mencoba menyambutnya dengan tendangan gunting, namun kurang bertenaga.

Pada babak kedua, Madura mencoba mengganti strategi dengan memasukan playmaker asal Brazil, Hugo Gomes. Kehadirannya dapat mengubah arah pertandingan. Selain itu, Madura United juga merombak formasi dengan 4-4-2 yang membuat tim asal Pulau Garam itu lebih nyaman bermain.

Beberapa tembakan keras dari luar kotak penalti mengancam Super Elja. Pertama, shooting datang dari Hugo Gomes yang baru masuk di babak kedua. Bola sempat mengenai tangan Fabiano tetapi wasit tidak menganggapnya hand ball.

Kedua, Zulfiandi melepaskan tendangan yang lagi-lagi mengenai Fabiano. Si kulit bulat berbelok arah dan membuat Ega mati langkah. Namun, pada akhirnya bola hanya melebar di sisi kiri gawang Laskar Sembada.

Satu demi satu ancaman berbahaya mulai sering dihadapi pertahanan PSS. Memang sempat berhenti sesaat ketika terjadi pergantian pemain antara Alfin dengan Bayu Gatra. Namun, di situlah awal dari petaka bagi Super Elja.

Menit ke-66, Bayu mencoba mengirim bola ke kotak penalti dengan ceroboh oleh Asyraq Gufron. Bola hanya bisa ditepis sedikit saja oleh Ega dan jatuh di depan Kevy Syahertian. Pemain muda tersebut dengan mudah menceploskan si kulit bulat ke dalam gawang. Satu sama.

Jepri Kurniawan yang masuk di babak kedua sempat memberikan umpan terobosan ke Irfan Jaya yang melanjutkan dengan adu lari melawan bek Madura. Meski berhasil mendahului Rama, sepakan mantan winger Persebaya itu hanya melambung di atas gawang M. Ridho.

Madura terus menerus meneror pertahanan PSS. Beto Goncalves yang tengah mencoba masuk ke kotak penalti, terpaksa dijatuhkan oleh Fabiano, membuat Madura mendapatkan tendangan bebas area berbahaya.

Jaimerson Xavier mengambil bola mati dengan tendangan keras ke pojok kanan gawang Ega. Si kulit bulat menyusur tanah dan berhasil membawa Laskar Sape Kerap unggul. Dua satu.

Semenit sebelum waktu normal berakhir, lagi, Ega melakukan kesalahan. Bermaksud mengamankan pertahanan, si kulit bulat malah mengenai Gufron. Bola liar diambil oleh Ronaldo Kwateh yang kemudian beradu lari dengan kiper asal Purwokerto itu. Untuk kali ini, selamat lagi gawang PSS.

Memasuki fase tambahan waktu, Jaime kembali mengambil tendangan bebas keras dari jarak cukup jauh. Bola ditepis oleh Ega, tetapi Beto yang tak terkawal berhasil menyambarnya. Lagi-lagi beruntung, tendangan penyerang Timnas itu malah berakhir di samping gawang.

Hingga peluit akhir ditiup, skor tetap bertahan 2-1 untuk Madura United. Dengan begitu, Super Elja harus puas pulang tanpa poin di laga perdananya tersebut.

Komentar

Comments are closed.