Berita

Tunggu Hasil Tes Swab, Latihan Perdana Diundur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020 yang rencanaya dimulai pada 1 Oktober, sejumlah tim bergegas melakukan persiapan.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda, membuat PT. Liga Indonesia baru mengambil kebijakan terkait protokol kesehatan. Diantaranya dengan mewajibkan seluruh tim peserta melakukan tes swab.

PS Sleman sediri telah melakukan tes swab pada Minggu (23/8/2020), kemarin. Pengecekan kesehatan tersebut dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo dengan diikuti lebih dari 50 orang, mulai dari pemain, tim pelatih, tim ofisial hingga tim media.

Akan tetapi, pelatih utama Dejan Antonic dan asistennya Mladen Dodic Doda belum bisa mengikuti tes swab tersebut lantaran masih di luar negeri.

Serangkaian prosedur pelaksanaan tes swab ternyata membutuhkan waktu hingga beberapa hari.  Alhasil, latihan perdana tim Super Elja yang dijadwalkan pada Senin kemarin (24/8/2020), harus diundur hingga keseluruhan hasil tes dirilis.

Danilo Fernando sebagai manajer tim, memberikan tanggapan mengenai mundurnya latihan perdana tersebut.

“Manajemen bersama ofisial tim, termasuk dokter tim yang bertanggung jawab atas protokol kesehatan, memutuskan bersama untuk agenda tes swab lebih dahulu untuk memastikan kondisi pemain dan ofisial sebelum mulai aktifitas di lapangan. Butuh waktu kurang lebih tiga hari buat keluar hasil semua, maka latihan diundur beberapa hari,” ujar Danilo, Minggu (23/8).

Ia juga mengatakan, pihaknya memang tak ingin terburu-buru dalam memulai latihan. Adanya pandemi Covid-19 memang menjadi perhatian tersendiri bagi tim terutama terkait kesehatan. “Kami tidak mau gegabah dan memaksakan untuk segera latihan. Hasil tes swab tetap jadi patokan,” imbuhnya lagi.

Sementara itu dokter tim PS Sleman, dr. Elwizan Aminudin mengatakan bahwa program pengecekan kesehatan tersebut adalah protokol pencegahan utama Covid-19.

Nantinya, hasil yang diperoleh bisa menjadi acuan bahwa anggota tim sehat atau tidak sehat menjelang persiapan menuju bergulirnya liga dimulai. Selain itu, saat kompetisi berlangsung nanti akan diwajibkan tes swab satu bulan dua kali.

“Jadi ini merupakan tindakan preventif bagi tim sebelum menggelar latihan. Supaya aman, kita tunggu hasilnya dua-tiga hari ini untuk mulai menggelar latihan bersama. Tapi sambil menunggu, kita memberikan porsi latihan masing-masing di kamar atau tempat yang aman bagi masing-masing pribadi karena ada program dari pelatih fisik,” jelas dokter yang pernah mendampingi Timnas U-19 itu.

Pada Senin (24/8/2020), total pertambahan jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 1.877 kasus di Indonesia. Dengan demikian, secara akumulasi saat ini ada 155.412 kasus terhitung sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. Informasi dan data ini juga bisa diakses melalui situs covid19.go.id.

Komentar
Awaludin Al Arif

Masih menimba ilmu di UIN Sunan Kalijaga dan masih akan terus mencintai PSS. Bisa dihubungi via akun Twitter @al_arif14

Comments are closed.